Jurnalpublik.id – Kegiatan bisnis dan jual beli dalam lingkup UMKM dan perusahaan atau organisasi  yang berkaitan dengan kelangsungan manajemen organisasi. Aktivitas ini menunjang perkembangan ke arah kemandirian yang tentu membutuhkan kelengkapan seperti halnya SDM tenaga profesional yang handal dan juga kegiatan yang berkaitan dengan laporan keuangan. SDM umumnya diwakili dengan kegiatan Manajemen Sumberdaya Manusia (MSDM) yang bisa diperoleh dari rekrutmen awal program atau melalui pelatihan yang dilaksakan oleh kantor. Program ini berkaitan dengan kapasitas keloyalan terhadap perusahaan agar tidak mudah menyerah dan tetap berkontribusi meskipun pada kondisi tersulit yang dihadapi oleh institusi.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah yang berkaitan dengan laporan keuangan atau financial report. Keuangan menjadi hal yang utama selain SDM dimana hal tersebut menjadi roda penggerak kegiatan organisasi. Kuranganya bekal tentang reportase keuangan berdampak pada kerugian suatu lembaga sehingga menyebabkan bangkrut dan akhirnya tutup. Oleh karena itu perlu pendalaman bagi peserta ataupun lembaga profesional untuk mengikuti dan menguasai sertifkasi profesi financial report.

AR Learning Center yang berfokus pada kegiatan pelatihan profesi yang salah satunya mengadakan pelatihan Certified Financial Report pada 20 Mei 2022 pukul 19.30 – 21.30 WIB yang lalu. Lembaga pelatihan ini telah mengantongi izin SK KEMENKUNHAM NO. AHU-0025010.AH.01.04 TAHUN 2021 HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL NUMBER OF APPLICATION J222021000310. Trainer dalam pelatihan ini adalah Hj. Nenden Handayani, S.E., M.M. C.HRA.,C.FR., C.QIM.,T- ALC yang merupakan master trainer AR Learning Center yang sudah malang melintang memberikan training ke dosen, praktisi dan karyawan pada umumnya. Selain sebagai trainer, beliau juga sebagai Dosen Unisal Bandung dan sebagai konsultan karir akademik dosen seluruh Indonesia.

Pada penyampaiannya saat pelatihan Certified Financial Report minggu lalu, bahwa kegiatan sertifikasi ini tidak lain untuk mengembangkan keuangan organisasi termasuk di dalamnya kemampuan laporan rugi laba, perubahan modal, neraca yang dilengkapi dengan aspek : penjualan bersih, Harga Pokok Penjualan (HPP), pembelian bersih, Barang Tersedia Untuk Dijual (BTUD), laba bersih sebelum pajak dan laba bersih sesudah pajak. Peserta yang ikut pelatihan ini pun juga antusias dari seluruh Indonesia. Kegiatan berlangsung dengan lancar dan santai, dimana peserta ikut serta dalam diskusi. Peserta mendapat sertifikat training, grup alumni dan fasilitas lain yang menunjang dalam CFR serta peserta berhak menulis gelar profesional C.FR di belakang nama gelar akademik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here