Yogyakarta, Jurnalpublik.com – BAZNAS Kabupaten Sleman bersama Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI) RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, menggelar program bakti sosial pemeriksaan mata dan operasi Katarak gratis. Pemeriksaan ini dilakukan di halaman Masjid Agung Sleman, Sabtu (18/9/2021).

Katarak merupakan penyebab kebutaan tertinggi di Indonesia. Operasi katarak dilaksanakan dalam 4 tahap yang terdiri dari screening, operasi dan pasca-operasi. Program ini diperuntukkan untuk para warga Kabupaten Sleman yang mengalami kesulitan dalam penglihatan dan terkendala untuk melakukan pemeriksaan.

Tahap awal program ini dilakukan screening pemeriksaan mata, jika lolos pemeriksaan mata kali ini tahap selanjutnya akan dilakukan tindakan operasi katarak di RSUP Dr. Sardjito. Dari 80 peserta tersebut, terdapat 13 pasien yang dapat dilakukan tindakan Operasi katarak.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, SE. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini guna membantu masyarakat Kabupaten Sleman yang kurang beruntung dalam layanan kesehatan berupa pemeriksaan mata dan operasi katarak untuk penyembuhan penglihatannya kembali,” tutur Wakil Bupati yang juga anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Ketua BAZNAS Kabupaten Sleman Drs. Kriswanto, M.Sc. “kami berterimakasih kepada Dokter Mata Indonesia (PERDAMI) RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta telah memfasilitasi kegiatan ini, semoga program ini dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan banyak manfaat bagi para mustahik”, jelasnya.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here