Semarang, Webcreator.id — Di tengah pandemi saat ini, dimana ketidakpastian ekonomi atau kesehatan tengah melanda seluruh negara di dunia, beberapa negara masih bisa mempertahankan statusnya sebagai negara paling bahagia di dunia. Dan peringkat pertama sebagai negara paling bahagia adalah Finlandia.

Berdasarkan World happinest Report 2021, yang dirilis pada hari Jumat (19/3/2021), di antara 10 negara paling bahagia, sembilan negara berada di Eropa.

Dilansir melalui Foxnews, setelah Finlandia, secara berurutan, adalah Denmark, Swiss, Islandia, Belanda, Norwegia, Swedia, Luksemburg, Selandia Baru, dan Austria, demikian temuan laporan itu.

“Kami menemukan tahun demi tahun bahwa kepuasan hidup dilaporkan paling bahagia di negara-negara demokrasi sosial di Eropa utara,” kata salah satu penulis laporan, Jeffrey Sachs, kepada The Associated Press.
“Orang-orang merasa aman di negara-negara itu, jadi kepercayaan tinggi. Pemerintah dipandang kredibel dan jujur, dan kepercayaan satu sama lain tinggi,” katanya lagi.

Sementara itu, AS berada di posisi ke-19, turun satu peringkat dari tahun lalu.

Laporan tahunan ini dibuat oleh U.N. Sustainable Development Solutions Network dan memeringkat 149 negara berdasarkan produk domestik bruto per orang, harapan hidup sehat, dan pendapat penduduk.

Ini juga mensurvei responden, meminta mereka untuk menunjukkan pada skala 1-10 seberapa besar dukungan sosial yang mereka rasakan jika terjadi kesalahan, kebebasan mereka untuk membuat pilihan hidup mereka sendiri, perasaan mereka tentang seberapa korup masyarakat, dan seberapa murah hati mereka.

Laporan tersebut biasanya mencakup data dari survei tiga tahun sebelumnya untuk “meningkatkan ukuran sampel dan menjaga batas kepercayaan lebih kecil,” kata siaran pers.

Namun, tahun ini, analis juga membuat daftar terpisah dari negara paling bahagia hanya berdasarkan hasil dari tahun 2020 untuk melihat bagaimana keadaan negara selama pandemi, terpisah dari tahun-tahun sebelumnya Finlandia juga menempati posisi teratas dalam daftar itu, diikuti oleh Islandia, Denmark, Swiss, Belanda, Swedia, Jerman, Norwegia, Selandia Baru, dan Austria.

Artikel ini telah tayang di Suara.com. Baca Selengkapnya disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here