Yogyakarta, Jurnalpublik.com – Selama ini aplikasi TikTok identik dengan video dan live jogat-joget, bahkan banyak orang sangat alergi dengan aplikasi satu ini. Selain itu, aplikasi TikTok juga banyak disalah gunakan oleh kalangan anak-anak maupun dewasa. Ada beberapa dampak negatif dari penggunaan aplikasi TikTok yaitu syndrom kecanduan yang akhirnya kurangnya pergaulan terhadap orang sekitar.

Di balik semua dampak negatif di atas, aplikasi ini menghadirkan fitur baru untuk kebutuhan e-commerce atau jual beli online, yakni TikTok Shop. Aplikasi yang dikenal karena fitur berbagi videonya ini sekarang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan.

TikTok menjadi platform yang menarik untuk berbelanja berbagai macam barang. Tidak hanya sebagai platform untuk berbagi video pendek, Tiktok digandrungi karena menjadi platform yang multifungsi.

Bagaimana Cara Mendapatkan Penghasilan dari TikTok

Berikut cara daftar akun TikTok Shop: (1). Masuk ke laman TikTok Shop, seller-id.tiktok.com; (2). Jika ingin mendaftar sebagai akun penjual, Anda bisa klik ‘Sign Up With TikTok Account’ atau ‘Sign Up With Phone & Email’; (3). Ikuti petunjuk yang diberikan; (4). Setelah itu, Anda akan diberikan formulir terkait data diri dan informasi toko; (5). Jangan lupa cantumkan juga alamat, email, nomor telepon, dan informasi lainnya; (6). Kemudian, ketik informasi bisnis Anda seperti nama toko, alamat, jenis bisnis, produk yang dijual, dan lain sebagainya; (7). Selanjutnya, registrasi untuk mendapatkan verifikasi dari TikTok; (8). Tunggu konfirmasi; (9). Ketika sudah dikonfirmasi, akun TikTok Anda sudah dapat menggunakan layanan TikTok Shop.

Keunggulan TikTok Shop

(1). Dapat Melakukan Banyak Hal Melalui 1 Aplikasi. Dengan adanya fitur TikTok Shop, para pengguna bisa menonton, membuat konten video, berjualan, hingga membeli produk melalui 1 aplikasi saja. Sehingga, kapasitas penyimpanan yang digunakan akan lebih irit karena semua fungsi bisa kamu dapatkan hanya dari 1 aplikasi saja.

(2). Menawarkan Banyak Promo Belanja. Selain irit kapasitas penyimpanan, berbelanja di TikTok Shop juga bisa membuat kamu lebih irit pengeluaran untuk berbelanja. Karena TikTok Shop menawarkan banyak sekali promo belanja sampai promo gratis ongkir yang bisa kamu manfaatkan untuk membeli berbagai macam produk seperti alat olahraga, perlengkapan rumah, tas, sepatu, make up, dan lainnya.

(3). Sebagai Kesempatan untuk Memperluas Pasar. Hadirnya fitur TikTok Shop ini menjadikan kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk memperluas produk yang dijualnya. Aplikasi TikTok tentunya memiliki pengguna yang cukup banyak. Dengan memasarkan produk melalui TikTok akan membuat produkmu lebih diketahui oleh banyak orang.

(4). Melihat Review Produk dari Video TikTok. Ketika kamu membeli barang melalui e-commerce atau media sosial lain, biasanya kamu hanya bisa melihat review dalam bentuk foto atau tulisan. Namun dengan menggunakan TikTok Shop, kamu bisa melihat review yang sudah dibuat dalam bentuk video testimoni yang sudah dibuat oleh orang lain. Dengan begitu, kamu bisa lebih yakin untuk memilih sebuah produk.

(5). Menemukan Barang Dengan Mudah. Kamu juga bisa menemukan barang yang kamu ingin beli melalui video yang tampil di FYP atau For Your Page. Fitur FYP ini tentunya sangat memudahkan kamu berbelanja karena kamu tidak perlu repot-repot mencari produk di dalam kolom pencarian atau ‘Search’.

(6). Jual-Beli Secara Aman. Kamu tidak perlu takut soal keamanan ketika ingin menjual atau membeli produk melalui fitur TikTok Shop.[]

Edo Segara Gustanto, SE., ME./Dosen FEBI IIQ An Nur Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here