Jakarta, Jurnalpublik.com – Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) resmi dilantik menjadi Ketua Harian Nasional DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Ketua Umum Partai Perindo, Hari Tanoesoedibjo mengatakan, bergabungnya TGB ke partainya adalah sejarah besar. Apalagi dia akan menempati posisi strategis partai.

“Posisi Ketua Harian Nasional sangat penting, artinya sehari-hari aktivitas DPP yang membawahi partai Perindo akan dibawah kendali pak TGB, ini keputusan strategis dan perlu pemikiran panjang, bukan hanya asal tunjuk,” kata Hari di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (6/8).

Pindah-Pindah Partai

Zainul Majdi mengaku sudah mundur dari Partai Golkar. “Saya sudah sampaikan beberapa waktu lalu kepada Pak Ketum Golkar. Saya sudah lama tidak aktif di Partai Golkar dan beberapa waktu lalu sudah saya sampaikan kepada Pak Ketua Golkar,” katanya.

Dr. TGB. Muhammad Zainul Majdi diajukan pada pemilihan gubernur NTB oleh PKS dan PBB. Ia berpasangan dengan Ir. Badrul Munir yang kelahiran Sumbawa 11 Agustus 1954. Dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 7 Juli 2008, ia berhasil mengumpulkan suara terbanyak.

TGB Muhammad Zainul Majdi sempat bergabung dengan Partai Demokrat pada periode 2011—2018. Ia maju lagi menjadi Gubernur Nusa Tenggara Barat di periode kedua. Saat itu ia diusung partai koalisi, yaitu Partai Gerindra, Partai Golkar, PDI Perjuangan, PPP, PAN, dan dan PKB.

Setelah tidak lagi menjabat, Zainul Majdi sempat membuat heboh karena pernyataannya mendukung Presiden Jokowi dalam pilpres 2019. Dukungannya terhadap Presiden Jokowi pertama kali tersebar melalui aplikasi perpesanan dan media sosial.

Setelah keluar dari Demokrat, Zainul Majdi kemudian menjadi kader Partai Golkar. Pendiri Nahdlatul Wathan tersebut mendapatkan jabatan sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar Bidang Keumatan. Di awal karier politiknya, TGB sempat bergabung dengan Partai Bulan Bintang (PBB).

Profil Muhammad Zainul Majdi

Muhammad Zainul Majdi atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) lahir di Pancor, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 31 Mei 1972. Ia merupakan putra ketiga dari pasangan H.M. Djalaluddin dan Rauhun Zainuddin Abdul Madjid.

TGB merupakan lulusan Fakultas Ushuluddin jurusan Tafsir dan Ilmu-ilmu Al-Qur’an dari Universitas Al-Azhar Kairo pada 1996 dengan raihan gelar Lc. Kemudian pada 2001 masih di Universitas yang sama, TGB berhasil meraih gelar Master of Art dengan predikat Jayyid Jiddan (bagus sekali) serta pada 2011 ia juga mendapat gelar Doktor di Universitas ini.

Pada 2008-2018, TGB menjabat sebagai Gubernur NTB dalam 2 periode, pada periode pertamanya 2008-2013 ia diusung oleh PKS dan PBB bersama Badrul Munir, sedangkan periode 2013-2018 TGB diajukan kembali menjadi Gubernur oleh Partai Demokrat bersama dengan Muhammad Amin.

TGB juga sempat menjadi Wakil Komisaris Utama dengan merangkap sebagai Komisaris Independen di PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) pada 2021. Selain itu, ia juga sempat menjadi anggota DPR RI, TGB membidangi Komisi X tentang masalah pendidikan, pemuda, olahraga, pariwisata, dan kebudayaan.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here