Jakarta, Jurnalpublik.com – Pemerintah berencana memulai reformasi subsidi energi dari berbasis komoditas menjadi berbasis orang pada tahun 2022. Untuk itu pemerintah akan menargetkan pada tahun depan gas 3 kg hanya untuk pemilik kartu sembako. Hal itu seperti yang disampaikan oleh Menteri Keungan, Sri Mulyani, dalam rapat paripurna DPR bulan lalu.

“Kebijakan subsidi energi akan diarahkan lebih tepat sasaran, melalui pelaksanaan kebijakan transformasi subsidi berbasis komoditas menjadi subsidi berbasis penerima manfaat secara bertahap dan berhati-hati dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi dan sosial masyarakat,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna DPR RI, Selasa (24/8/2021).

Untuk itu, agar pelaksanaan pemberian subsidi tepat sasaran, pemerintah akan melakukan upaya penyempurnaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Yaitu dengan melakukan verifikasi dan validasi secara reguler agar mendorong pembangunan sistem yang terintegrasi dengan data sasaran penerima subsidi. “Hal ini dilakukan untuk memastikan subsidi diberikan kepada golongan masyarakat yang perlu dilindungi, yaitu masyarakat miskin dan rentan,” kata Sri Mulyani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here